Ekspose Kinerja, Ombudsman Ingatkan Pelayanan Publik Harus Tetap Baik di Tahun Politik

Pangkalpinang – Menutup akhir tahun 2023, Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan Ekspose Kinerja dan Diskusi Publik dengan tema “Dinamika Pelayanan Publik Pada Tahun Politik”, bertempat di Grand Safran Hotel Pangkalpinang, pada  Selasa (05/12/2023).

Narasumber acara diskusi publik ini menghadirkan Kepala Perwakilan Ombudsman Babel, Shulby Yozar Ariadhy, PJ Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Syafrizal ZA, dan Dekan Fakultas  Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung, Aimi Sulaiman. 

Selain itu, Ombudsman Babel turut mengundang berbagai stakeholder terkait diantaranya jajaran Forkompinda Babel, Bawaslu, KPU, unsur pimpinan lembaga vertikal Babel, Inspektur Daerah se-Bangka Belitung, unsur Akademisi, unsur BUMN, Pimpinan Media, Organisasi Profesi, serta unsur Organisasi Kepemudaan yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam kesempatan itu, Ombudsman Babel mengajak seluruh unsur yang hadir tersebut untuk melakukan penandatanganan piagam komitmen bersama sebagai bentuk tertulis suatu kolaborasi mengawal kesuksesan pelayanan kepemiluan Tahun 2024 serta pelayanan publik pada sektor lainnya.

Kemudian, dalam paparannya Shulby Yozar merefleksikan  kinerja Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Tahun 2023.

“Ombudsman Babel telah menerima sebanyak 1.208 pengaduan dan sebanyak 262 laporan telah lolos syarat formiil dan materiil, atau telah melalui pemeriksaan dan investigasi. Alhamdulillah posisi penyelesaian laporan sudah mencapai 91,03%. 

Sementara dari sisi kinerja pencegahan, Ombudsman Babel telah melakukan kajian untuk perubahan kebijakan pelayanan publik di Pemkab Bangka dan Pemkab Bangka Tengah.

“Alhamdulillah semua saran kebijakan telah dilaksanakan pihak terkait. Kemudian seluruh rangkaian Penilaian Kepatuhan Tahun 2023 juga sudah kita laksanakan pada 68 instansi se-Babel, tinggal sama-sama kita tunggu hasilnya dari Ombudsman Pusat ”, jelas Yozar.

Selain itu, Yozar juga menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang terjalin baik selama ini antar lembaga dan instansi terkait. Dalam momen tersebut ia menekankan agar seluruh stakeholder untuk mensukseskan Pemilu 2024 berjalan kondusif, lancar dan damai.

“Kami harap kolaborasi ini dapat semakin baik menjelang tahun politik 2024 agar seluruh proses pelayanan kepemiluan dapat berjalan lancar. Namun untuk menjadi atensi, kita semua  tetap wajib  mengutamakan pelayanan publik sektor lainnya secara baik kepada masyarakat, “harapnya.

Senada, Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Syafrizal ZA mengharapkan pelayanan publik tetap berjalan dengan baik dan prima walaupun sedang berfokus pada pelaksanaan pemilihan umum.

“Kita akan tetap dukung pelayanan publik harus prima. Ini isu strategis untuk masyarakat kita. Pelaksanan tugas aparatur harus cepat, sesuai prosedur, dan sesuai aturan. Nanti kita juga akan cek dilapangan pelayanan sekarang seperti apa,”imbuhnya,

Selain itu, Syafrizal juga menyoroti terkait sikap Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi tahun politik.

“Saya harap ASN sudah jelas mengerti kita harus netral ya. Jadi, jika ada laporan ASN tidak netral saya tegaskan tidak akan melindungi. Proses seluruhnya akan saya serahkan ke Bawaslu dan akan saya ikuti rekomendasi Bawaslu, “tegas Syafrizal.

Sementara itu, Dekan FISIP Universitas Bangka Belitung Aimi Sulaiman mengajak agar semua unsur dapat berkolaborasi membangun Bangka Belitung, termasuk dalam tahun politik ini.

“Mari kita tetap fokus berkolaborasi menyelesaikan berbagai permasalahan masyarakat di Babel. Misalnya sektor pelayanan pendidikan, terkait Angka Partisipasi Kasar Perguruan tinggi yang cukup rendah di Babel. Saya harap kita dapat memandang hal ini tidak hanya sebatas angka akan tetapi tindaklanjut bersama seperti apa yang akan kita lakukan. Serta, terkait tahun politik, mohon kiranya mindset berkampanye para calon tidak lagi pada janji-janji, tetapi kiprah apa yang telah dilakukan dan bermanfaat bagi masyarakat, “pungkas Aimi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.