Formap Babel Bersama PLN Berikan Bantuan Pupuk Untuk Petani Holtikultura di Kecamatan Merawang

BANGKA — Forum Masyarakat Petani Bangka (Formap) rutin menyalurkan bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan, kali ini bersama PLN Babel membagikan pupuk secara gratis kepada petani holtikultura di Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Sabtu (16/11/2023).

Arizal selaku Ketua FORMAP Sekcab Bangka mengatakan bahwa, bantuan rutin pupuk ini diharapkan dapat mengurangi beban petani dan kembali memanfaatkan lahannya pasca musim kemarau.

“Dengan bantuan rutin pupuk ini kami berharap bisa mengurangi beban petani, yang mana setelah pasca musim kemarau kemarin petani holtikultura banyak yang mengistirahatkan lahan nya karna kekeringan, maka dari itu petani di pastikan pendapat nya berkurang untuk mengolah lahan kembali”, jelasnya.

Arizal berharap, bantuan pupuk ini dapat mengurangi beban petani dan berharap petani bisa menjadi petani yang berfikir cerdas dan mandiri.

“Semoga bantuan pupuk ini bisa mengurangi beban saudara-saudara kami ini, Rizal tetap berharap petani tetap harus bisa mandiri,cerdas dan kuat”, harapnya.

Erzaldi Rosman sebagai ketua dewan pembina FORMAP Babel dalam sambutannya menjelaskan, bahwa pengelolahan limbah sisa pembakaran batu bara PLTU, dapat diolah menjadi pupuk dan membantu para petani dalam pengelolahan lahannya. 

“Kami sangat bersyukur dan mengucap terimakasih kepada PT PLN wilayah Bangka Belitung, yang telah bersama – sama membangun, dengan cara mempercayakan pengolahan limbah sisa pembakaran batu bara PLTU, kepada FORMAP BABEL,

Untuk dijadikan pupuk, Yang mana pupuk ini bisa di percayai oleh masyarakat agar bisa menekan tingginya kadar asam pada tanah dan air di Bangka Belitung. Yang nota bene tanah Bangka memiliki pH yang rendah di bandingkan dengan desa lain, ini sungguh berkah yang harus kita syukuri bersama”, ucapnya.

Bang Er panggilan akrab mantan gubernur Babel periode 2019-2023 juga menambahkan bahwa, menjadi petani harus cerdas dan mandiri. 

“Saya sebagai dewan pembina FORMAP BABEL, sangat berharap PLN terus support FORMAP BABEL untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di provinsi Kepulauan Bangka Belitung,”harap Bang ER. 

Ganjar Riyadi, Manajer K3L PLN wilayah Babel mengatakan, bahwasannya PLN akan terus mendukung dan membantu masyarakat serta memberikan yang terbaikbl untuk kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung.

“PLN akan selalu hadir untuk membantu masyarakat. Untuk memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung, dengan pengelolaan limbah sisa pembakaran batu bara yang di bantu FORMAP BABEL, semoga menjadi pahala kita kita bersama dalam niat meringankan beban petani di Bangka Belitung”, harapnya.

Team leader lingkungan UPK Babel,

Fajar Julianto mengatakan, pihaknya tulus membantu FORMAP Babel untukbikutvsetta dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berbasis pertanian di Provinsi Bangka Belitung.

“Dengan jiwa yang tulus dengan niat baik , insyaallah kami akan selalu membantu FORMAP BABEL, untuk ikut serta dalam program kedaulatan pangan dan pengembangan ekonomi kerakyatan yang berbasis pertanian khususnya di provinsi Bangka Belitung.Karena ketahanan pangan adalah tugas kita bersama”, tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut Turut hadir juga Spv lingkungan PLTU Air Anyir Yuangga, Manajer PJBS Site PLTU Air Anyir Apriyanto, Manajer UPK Babel Wayan Budi Laksana serta undangan lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.