Kesbangpol Pangkalpinang Gelar Sosialisasi Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan

PANGKALPINANG — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pangkalpinang, menggelar sosialisasi Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kota Pangkalpinang Tahun 2024 dengan tema “Penguatan Wawasan Kebangsaan Menghadapi Era Society 5.0”, di Ruang Pertemuan OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang. Jumat, (27/9/2024). 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Pangkalpinang, Ahmad Subekti dan dihadiri Direktur Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan Drs. Drajat Wisnu Setyawan. 

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama seluruh peserta yang terdiri dari komponen Dinas terkait, TNI,.Polri, ormas, akademisi, perwakilan sekolah, FKUB, FPK, PPI, Partai politik dan tokoh masyarakat untuk melaksanakan kolaborasi pendidikan pancasila dan wawasan kebangsaan di Kota Pangkalpinang.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pangkalpinang, Donald Tampubolon menyampaikan,legiatan ini bertujuan untuk Penyamaan persepsi dan gerak langkah dalam menyebarluaskan pendidikan wawasan kebangsaan ke semua golongan masyarakat. 

“Setiap instansi dan lembaga memiliki  tugas pengembangan yang sama untuk mensosialisasikan wawasan kebangsaan, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara dilingkungan masyarakat,”ucapnya. 

Donald menyampaikan, selain sosialisasi pihaknya juga melaksanakan penandatanganan komitmen bersama terkait pelaksanaan pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan. 

“Kita menginginkan adanya kolaborasi bersama antara stakeholder terkait baik ormas, instansi, forum, pendidikan dan akademisi untuk menggalakkan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan di lingkungan masing-masing,”ucapnya. 

Ia juga menyampaikan, PPWK sudah ada dan terbentuk di Kota Pangkalpinang, kemudian akan dibentuk kepengurusan kembali dan menyelaraskan dengan program-program terkait ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan. 

“PPWK sendiri sudah ada di Kota Pangkalpinang untuk kegiatan yang berkaitan wawasan kebangsaan sering kita lakukan. Nanti akan kita libatkan dan kolaborasi semua pihak untuk mensosialisasikan pentingnya wawasan kebangsaan,”ucapnya. 

Ia pun berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan daya dorong sejak dini kepada generasi muda, agar menjadi generasi yang tangguh dan berkualitas.

“Wawasan kebangsaan memiliki arti penting dalam mempertebal rasa kebangsaan serta meningkatkan semangat kebangsaan,”ujarnya. (gr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.