Wabup Bangka Buka Rakor Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat

Sungailiat – Wakil Bupati Bangka, Syahbudin membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Pembentukan tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) tingkat Kabupaten Bangka tahun 2023 secara Virtual di Aula Hotel ST12 Sungailiat, Selasa (14/03/2023).

Kegiatan ini di hadir Wakil Bupati Bangka Syahbudin S.I.P, M.Tr.Ip, untuk mengisi materi kepada para peserta.

Wakil Bupati dalam paparanya mengatakan, Kesehatan jiwa adalah kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya.

“Kesehatan jiwa masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan di dunia, termasuk di indonesia,”Ucap Wakil Bupati Bangka.

Lanjutnya, Masalah kesehatan dan gangguan jiwa meliputi depresi, gangguan aktif bipolar, skizofrenia dan psikosis lainnya, demensia, cacat intelektual, dan gangguan perkembangan termasuk gangguan spektrum autism dan lain-lain.

“Beban masalah kesehatan jiwa terus meningkat yang berdampak terhadap kesehatan dan konsekuensi sosial, hak asasi manusia dan ekonomi utama disemua negara di dunia,”Pungkasnya.

Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan pemahaman yang cukup serta menyeluruh tentang besarnya permasalahan kesehatan jiwa dan faktor risikonya serta upaya untuk mengendalikan dan menanggulangi permasalahan tersebut bagi penentu kebijakan dan tenaga kesehatan di pusat dan di daerah.

Acara ini diikuti oleh 41 peserta yang terdiri dari Rumah Sakit Jiwa Provinsi Babel, Perwakilan Kapolres Bangka, Perwakilan BPJS Kesehatan, Kepala Puskesmas Se-KabupatenBangka dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka. (Najib Arzahwan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.