Bawaslu Pangkalpinang Sosialisasikan Pengawasan Tahapan Kampanye Pilkada Serentak 2024

PANGKALPINANG — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang, menggelar Sosialisasi Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, Rabu, (23/10/2024) di Swiss-Belhotel Pangkalpinang. 

Anggota Bawaslu Pangkalpinang, Wahyu Saputra menyampaikan, pentingnya pengawasan proses pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, sebagai wujud penegakkan keadilan pemilu.  

“Bahwasanya saat ini merupakan tahapan kampanye khususnya di wilayah Kota Pangkalpinang, maka sangat penting diawasi karena mencerminkan nilai demokrasi mulai dari prosesnya,”ucapnya. 

Wahyu mengatakan, Bawaslu mengalami keterbatasan terkait pengawasan, maka melalui program partisipatif yang efektif diharapkan dapat mengawal proses pelaksanaan Pilkada 2024 di Kota Pangkalpinang. 

“Kami berharap, program pengawasan partisipatif yang melibatkan masyarakat dan mitra strategis salah satunya insan pers dapat berkomunikasi dan informasi ke Bawaslu terkait pengawasan proses atau tahapan Pemilukada 2024, sehingga hasilnya terwujudnya pemilu bermartabat dan berdaulat,”ujarnya. 

Sementara itu, Anggota Bawaslu Babel, Davitri mengajak, seluruh masyarakat dan jajaran untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada Serentak 2024, yang dilaksanakan secara nasional.

“Bawaslu Pangkalpinang tidak hanya mengawasi Pilkada Pangkalpinang saja,  namun juga pelaksanaan pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur Babel. Tentu harapan kita Pilkada ini bisa berjalan dengan baik,”ucapnya. 

Davitri menjelaskan, Bawaslu bertugas menegakkan keadilan pemilu, namun perlu adanya partisipasi dari masyarakat termasuk awak media, OKP dan masyarakat untuk mengawasi proses Pilkada 2024 ini. 

“Tahapan kampanye harus kita awasi bersama, namun karena ada keterbatasan terkait jumlah komisioner dan personil di Bawaslu maka perlu dukungan semua pihak. Karena pada dasarnya temuan itu ada dua pertama temuan dari Bawaslu kemudian laporan yang disampaikan masyarakat. Jangan lupa tanggal 27 November 2024 gunakan hak pilih dan bersama awali Pilkada Serentak 2024″katanya. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.