DPD PDIP Babel Gelar Rakerda ke-V, Djarot Saiful Hidayat : Mudah-Mudahan Juli Keluar Rekomendasi 

Sijuk, Ketikandata., — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bangka Belitung menggelar Rakerda (Rapat kerja daerah) ke V di hotel resort Dafam Belitung Sabtu (13/7/24).

Dalam kesempatan tersebut, Rakerda yang dihadiri oleh Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPD PDIP Babel Didit Srigusjaya, Wakil Bendahara Umum PDIP Rudianto Tjen dan para peserta bakal calon kepala daerah.

Ketua DPD PDIP Srigusjaya menyampaikan, ketika DPP sudah mengeluarkan surat tugas kepada bakal calon kepala daerah, yakni sebanyak enam kabupaten. 

Diakuinya, wewenang rekomendasi  ada di DPP PDIP, sedangkan tugas DPD yaitu mengusung dua pasangan calon bedasarkan SK DPP, untuk menugaskan siapa yang bakal maju sebagai bakal calon kepala daerah. 

“Kita sudah berkomunikasi dengan siapapun termasuk Bacagub (Bakal calon gubernur) Dayat dan Erzaldi maupun yang lain nya. Yang jelas bahwa bagi PDI perjuangan ialah menggunakan kader asli dari partai,” ucap ketua DPD PDIP.

Didit mengatakan, selaim enam kabupaten/kota tersebut, untuk Kabupaten Bangka Tengah dan provinsi belum mendapatkan surat tugas dari PDIP. 

“Yang sudah mendapatkan surat tugas, yakni Kabupaten Bangka Mulkan, Kota Pangkalpinang Molen, Kabupaten Bangka Barat Markus, Kabupaten Bangka Selatan Riza Herdavid, Kabupaten Belitung Timur Afat, yang terakhir kemungkinan Bang Away dari Belitung sesuai arahan DPP,” terangnya .

Menurut dia, tugas DPD hanya lah mengusulkan, sedangkan  surat tugas itu sesuai instruksi DPP PDIP untuk melakukan konsolidasi internal.

“Nah itu harus dilakukan kontinue kepada ke DPD lalu ke DPP. Itu bisa di evaluasi dan surat tugas itu bukan rekomendasi,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat mengatakan, bahwa DPP sudah mengeluarkan surat tugas dan saat ini dalam tahap mengevaluasi para bakal calon kepala daerah. Kemudian, bacalon yang telah mendapatkan surat tugas untuk melakukan pelatihan ke tim pemenangan.

“Kalau sudah mendapat sudah tugas ini akan kita tingkatkan menjadi rekomendasi. Alhamdulillah Provinsi Bangka Belitung ini sudah progres nya bagus sudah hampir 100%,”ucapnya. 

Selain itu, kata Djarot, hanya ada satu saja yang belum di tetapkan yaitu Bangka Tengah sedangkan untuk provinsi lebih ranah nya ke DPD PDIP. 

“Kalau untuk provinsi ini otomatis merupakan hak prerogatif. Tapi DPD sudah menyampaikan laporan penjaringan dan pemetaan atas calon – calon. Mudah – mudahan kita berharap akhir Juli sudah keluar rekomendasi untuk kabupaten dan kota yang ada di Bangka Belitung,” kata dia. (Najib)

Leave A Reply

Your email address will not be published.