Seenaknya, Tangga Halaman Masjid Kubah Timah Dibongkar Untuk Reklame, Bangun Jaya : Mana Izinnya

PANGKALPINANG, Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Bangun Jaya mempertanyakan alasan pembongkaran tangga yang memasuki areal halaman Masjid Agung Kubah Timah.

Ia pun menyayangkan tangga halaman Masjid Agung Kubah Timah, Sabtu (28/9/2024), tampak diobrak-abrik hanya untuk memasang tiang reklame, yang terpantau milik Cinda Group.

“Sangat disayangkan ya ini masuk pekarangan masjid, di bongkar tangganya begini. Tolong tunjukkan izinnya, mana ini pengawasnya,” ujar dia.

Politisi Gerindra itu seketika menghubungi pihak Dinas PUPR dan Satpol-PP Kota Pangkalpinang, mengonfirmasi atas izin pembongkaran dan pemasangan tiang reklame di areal masjid.

Dirinya pun meminta pekerjaan tersebut untuk dihentikan sebelum menunjukkan izin terkait pekerjaan itu.

“Informasi yang saya terima belum ada surat resmi soal izin, baru sebatas lisan. Ini masih tanggungjawab PU, belum diserahkan ke aset. Ya, di perlu ditindaklanjuti,” kata dia.

“Ini jelas pengrusakan aset,” ungkap Bangun.

Menurut Bangun, Perda 16 Nomor 2012 sudah dijelaskan bahwa lingkungan tempat ibadah dan tempat sekolah dilarang mendirikan papan iklan atau reklame.

Kasat Satpol PP Kota Pangkalpinang, Efran membenarkan bahwa pihaknya sudah ke lokasi dan meminta pekerjaan itu untuk berhenti setelah berkoordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum.

“Memang ada pembongkaran. Sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan pihak PU, dan pihak PU meminta kami untuk menyetop pekerjaan itu,” ungkapnya. 

Adapun terlihat pekerjaan tersebut ditutupi oleh terpal yang rapi, sehingga tidak tampak ada pembongkaran tersebut.

Salah seorang pekerja mengaku tidak tahu soal izin pekerjaan itu. Ia pun membenarkan pembongkaran dan galian itu diperuntukkan untuk tiang reklame.

“Untung pasang tiang ini Pak, tidak tahu untuk izinnya,” ujarnya. (hjk/dd)

Leave A Reply

Your email address will not be published.