Ajak Mahasiswa Awasi Pemilu, “Bawaslu Ngampus” Bersama di Universitas Bangka Belitung 

Bangka, Ketikandata — Program ‘Bawaslu Ngampus” salah satu upaya meningkatkan peran partisipasi mahasiswa dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024. 

Hal itu diungkapkan Anggota Bawaslu Babel, Sahirin dalam acara “Bawaslu Ngampus” di Aula UBB, Selasa, (03/09/2024)

Ia mengatakan, Bawaslu yang telah memilih Universitas Bangka Belitung sebagai ruang edukasi dan sosialisasi bagi mahasiswa dan mahasiswi.

“Ya ini kan luar biasa. Hari ini ada ruang edukasi yang disampaikan dan ada narasumber nasional yang hadir pada hari ini,” ungkap Sahirin.

Menurutnya, Pilkada menjadi hal hangat di perbincangkan, yang sering diartikan demokrasi mengerucut politik padahal definisi politik adalah pemerintah dan rakyat.

“Hari ini kita dihadapkan dengan demokrasi yang agak mengerucut ke arah elit politik. Dan hari ini kita sudah menerima barang jadi yaitu sistem demokrasi langsung,” paparnya.

Diakuinya, dengan adanya  calon tunggal maka tidak menutup kemungkinan, di pilkada pada tahun 2024 akan yang bertemu istilahnya melawan kotak kosong.

“Kita akan bertemu nama nya kotak kosong. Jadi pilkada ini sarana kedaulatan rakyat dan pilkada serentak ini menyelaraskan program pusat dan pemerintah daerah,” harapnya.

Selain itu, Sahirin juga mengapresiasi kepada Bawaslu RI telah mengadakan “Bawaslu Ngampus” dilaksanakan se – Indonesia.

“Jadi ini adalah ruang bagi kami dan peran mahasiswa. Dalam rangka berpartisipasi tidak sebagai peserta sosialisasi tetapi peran kedepan,” pungkasnya. (Najib)

Leave A Reply

Your email address will not be published.