Tim Dosen Unmuh Babel Sukses Teliti Air Sungai dan Sistem Drainase di  Pangkalarang

PANGKALPINANG –  Penelitian Dosen Pemula (PDP) dan Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) dalam Program Potensi Penggunaan Air Permukaan Dalam Sistem Penyediaan Air Bersih di Daerah Pangkalarang Kota Pangkalpinang dan Program Sosialisasi Sistem Drainase Bagi Masyarakat Pangkalarang Kelurahan Ketapang Kota Pangkalpinang telah sukses dilaksanakan pada, Senin, 27 November 2023 lalu.

Pelaksanaan Penelitian Dosen Pemula dan Pengabdian Masyarakat Pemula ini dilaksanakan oleh Dosen Program Studi Teknik Sipil Unmuh Babel , Irene Tresna Wiati, ST.,MT., dan Dosen Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Erika Fitri Wardani, M.Pd.

Kesuksesan program  penelitian dan pengabdian ini juga tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh Kepala Kelurahan Ketapang, para kader Kelurahan Ketapang,  masyarakat Pangkalarang, pengurus RT dan pengurus RW Pangkalarang dan mahasiswa Prodi Teknik Sipil yaitu Bintang Syahputra Harahap dan Risandy Sanjaya.

“Jadi input yang kami gunakan di dalam kegiatan penelitian ini adalah beberapa parameter penentu kualitas air sungai Pangkalarang. Sedangkan ouputnya adalah rekomendasi penggunaan air sungai Pangkalarang sebagai sumber air bersih apabila memenuhi persyaratan” jelas Irene.

Irene yang didampingi sejumlah rekannya, berharap hasil penelitian dosen ini akan  membantu memecahkan permasalahan yang selama ini masih ada di Kelurahan Ketapang Pangkalpinang yaitu krisis air bersih.

Selain itu, permasalahan lainnya yang dialami oleh masyarakat Pangkalarang adalah kondisi sistem drainase yang masih belum tertata dengan rapih. Sehingga solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan pemilihan tipe sistem drainase berupa box culvert yang disesuaikan dengan kondisi lahan kosong yang masih tersisa di wilayah Pangkalarang, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang.

Sementara itu, Kepala Kantor Kelurahan Ketapang Ibu Daryansih, SKM juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim Dosen Penelitian Unmuh Babel. Karena melalui kegiatan ini, pihaknya semakin terbantu dalam mendapatkan sumber air bersih alternatif yang berasal dari air sungai bagi masyarakat Pangkalarang, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang. 

Selain itu pula Kepala Kelurahan Ketapang sangat berterimakasih kepada Tim Pengabdian terkait solusi drainase berbentuk box culvert.

”Terus terang kami sangat berterimakasih dan terbantu, karena mendapatkan solusi lebih baik mengenai pembuatan sistim drainase box culvert yang merupakan hasil  rekomendasi dari Dosen Pengabdian Unmuh Babel,”tambah Daryansih lagi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.