222 Hari ke Depan, Kepolisian Gelar Operasi Mantap Brata Menumbing Pengamanan Pemilu

PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu, menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Menumbing 2023-2024, yang diselenggarakan Kepolisian Daerah (Polda) Babel, di Lapangan Upacara Mapolda Babel, Selasa (17/10/2023) pagi.

Apel gelar pasukan tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan personel, peralatan, serta sarana dan prasarana yang akan digunakan Polri dalam menjaga keamanan Pemilu 2024 yang akan berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia.

Pj Gubernur Suganda berharap sinergitas lintas sektoral dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, dan damai tetap terjaga. Termasuk dengan digelarnya Operasi Mantap Brata Menumbing ini, dapat memetakan potensi konflik untuk mendukung suksesnya pemilu dan pilkada serentak 2024.

“Kami tentunya berharap pemilu bisa berjalan sukses, baik itu sukses penyelenggarannya, dan sukses partisipasi masyarakatnya,” kata Pj Gubernur Suganda.

Saat apel, Kapolda Kep. Babel Irjen Yan Sultra membacakan amanat dari Kepala Polri (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang menekankan pentingnya apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata yang dilaksanakan secara nasional. Operasi itu akan berlangsung selama 222 hari, mulai 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024.

Dalam melaksanakan operasi ini, Polri bekerja sama dengan jajaran TNI, kementerian/lembaga, dan instansi terkait, serta mitra keamanan, dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) lainnya. Operasi Mantap Brata 2023-2024 ini melibatkan 261.695 personel di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Kapolda juga mengungkap Pemilu 2024 punya kompleksitas tersendiri dibanding pemilu sebelumnya. Dia menyebut Pemilu 2024 digelar secara serentak dalam waktu yang juga berdekatan.

“Terlebih lagi, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri, karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar,” kata Kapolda Yan Sultra.

“Oleh sebab itu, guna mengamankan Pemilu 2024, maka Polri didukung TNI, K/L, instansi terkait, dan Mitra Kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024. Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk berpartisipasi penuh demi kesuksesan Pemilu 2024,” pungkasnya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.