KPU Kota Pangkalpinang Gelar Nobar Peluncuran Tahapan Pemilu 2024

PANGKALPINANG —Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang menggelar Nonton Bersama Kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Selasa, (14/6/2022) malam, di Kantor KPU Pangkalpinang.

Kegiatan berupa menyaksikan kegiatan peluncuran tahapan Pemilu 2024 yang dilakukan di Kantor KPU RI melalui tayangan virtual.

Seperti diketahui pemungutan suara Pemilu Pilpres dan Pileg akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. Sedangkan Pilkada serentak pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Mewakili Presiden Republik Indonesia, Kemendagri Tito Karnavian mengatakan, Ketua KPU telah mengeluarkan PKPU yang menandai tahapan Pemilu dimulai.

“Kami menyampaikan beberapa hal mewakili bapak presiden dalam beberapa kali rapat kabinet pada tanggal 30 Mei 2022 di Istana Merdeka. Bapak presiden dengan tegas menyatakan bahwa pemerintah mendukung penuh seluruh pelaksanaan, tahapan jadwal Pemilu dan Pilkada yang sudah ditetapkan,”kata Mendagri.

Lanjutnya, Presiden RI dengan tegas meminta kepada Kemendagri, Kemenkeu, dan seluruh jajaran pemerintahan serta TNI dan Polri untuk memberikan dukung penuh kepada KPU beserta jajarannya.

Mulai pendampingan dan penyusun regulasi, sehingga KPU tidak perlu ragu untuk menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada serentak.

“Meningkatkan sinergi dengan pemerintah dalam arti positif dan membangun kepercayaan publik kepada KPU,” kata Tito.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Pangkalpinang, Yusmayadi mengatakan, sesuai PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Jadi, kata Yusmayadi, PKPU tersebut menyampaikan tahapan secara umum mulai dari penyusunan anggaran, tahapan verifikasi faktual partai politik dan kampanye.

“Namun setelah ini akan ada lagi PKPU, seperti verifikasi faktual parpol harus juknis lebih teknisnya seperti apa. Jadi PKPU Nomor 3 2022 menyampaikan tahapan secara umum saja,”ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.