Hadiri Pesta Adat Di Dusun Sungai Dua, Mulkan : Tetap Jaga Kelestarian Nilai Budaya

Mendo Barat, Ketikandata — Tokoh masyarakat Kabupaten Bangka, Mulkan menghadiri acara tradisi adat asal Sulawesi selatan yakni manre sipulung di dusun Sungai Dua, Desa Kota Waringin, Sabtu (7/9/24).

“Masyarakat Sungai Dua yang melaksanakan kegiatan yang menjadi agenda rutinitas setiap tahunnya. Sebenarnya agenda ini pada bulan Agustus lalu tetapi dengan ada hal sesuatu jadi dilaksanakan sekarang,” ucapnya.

Selain itu, Mulkan sebagai tokoh masyarakat juga memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada tokoh adat dan para pengurus di desa Sungai Dua.

“Ini adalah tradisi yang dimiliki oleh semua suku termasuk suku bugis serta menjaga kelestarian terhadap nilai – nilai budaya. Jadi yang kita pertahankan karena ini merupakan harta kekayaan negara republik indonesia,” pesan nya.

Di tempat yang sama, pengurus Kerukunan keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Bangka Kandar Daeng mengungkapkan, manre sipulung dapat diartikan sebagai makan dan satu duduk bersama.

“Kita disini tidak ada yang tinggi dan rendah. Jadi manre sipulung artinya makan bersama berkumpul semua,” terangnya.

Ia juga menambahkan, jika pengurus KKSS Kabupaten Bangka akan membesarkan seni budaya manre sipulung dan bekerjasama dengan dinas pariwisata.

“Kami nantinya juga bekerjasama agar kedepannya supaya lebih meriah lagi. Dan dapat menjadi ajang wisata,” harapnya. (Najib)

Leave A Reply

Your email address will not be published.