Opini: Pentingnya Etika Profesi Guru dalam Meningkatkan Mutu dan Martabat Guru

Oleh : Zetira Rizqia Erlin dan Azzati Resparina Mahasiswi PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Babel. 

Profesi guru adalah profesi yang mendidik, mengajar, melatih, mengarahkan dan menilai siswa baik secara pengetahuan, tingkah laku, dan keterampilan siswa.  Keberhasilan suatu pembelajaran diampuh oleh guru yang professional dalam mengajar.

Keprofesionalan seorang guru dapat dilihat dari pemaham guru mengenai etika profesi Pendidikan yang sudah ditetapkan. Seiring berjalannya waktu pendidikan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Pendidikan di Indonesia selalu mengalami perubahan kurikulum sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa di Indonesia..

Selain bertanggung jawab dalam mengajar di kelas  guru juga bertanggung jawab dalam memenuhi syarat administrasi guru dalam menyiapkan pembelajaran. Guru yang professional akan bisa mengerjakan hal tersebut. Professional seorang guru menjadi salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang guru yang bermutu dan bermartabat. Guru yang professional adalah guru yang sudah mengerti tentang etika profesi guru.

Etika profesi guru adalah asas yang harus dijalankan oleh guru di Indonesia sebagai pedoman untuk bersikap dan berperilaku dalam melaksanakan tugas profesinya sebagai pendidik, anggota masyarakat, dan warga negara. 

Guru yang bermutu dan bermartabat memiliki ciri tidak hanya memiliki pengetahuan tentang subjek yang diajarkan, tetapi juga memiliki kualitas dan kompetensi profesional yang luar biasa. Sebagai guru yang bermutu dan bermartabat memiliki kompetensi akademik yang baik agar dapat memahami bahan ajar untuk diajarkan kepada siswa, selain itu guru yang bermutu juga harus professional dalam menyesuaikan metode, pendekatan, model, dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa di kelas.

Etika profesi guru salah satunya dapat berkomunikasi yang baik kepada siswa, orangtua, dan warga sekolah lainnya. Guru yang mampu berkomunikasi dengan baik juga dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang tua dan membuat mereka tetap terupdate tentang perkembangan akademis anak mereka. Dengan berkomunikasi yang baik guru juga dapat menjadi motivator bagi siswa agar dapat mendorong siswa untuk belajar dengan baik.

Guru yang bermutu dapat mengelolah kelas menjadi kelas yang nyaman dan guru juga kreatif dalam menerapkan model dan media pembelajaran agar terciptanya kelas yang menarik. Selain itu, guru tetap harus menanamkan Pendidikan karakter kepada siswa yang dapat dimulai oleh guru itu sendiri. Etika guru tetap menjadi peringkat tertinggi dalam penilaian keberhasilan suatu pelajaran. Oleh karena itu, etitika profesi guru menjadi pokok utama dalam menjadikan guru yang bermutu dan bermartabat. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.