Bupati Bangka Dianugerahi Gelar Kebangsawanan DSMP oleh Kerajaan Melayu Nusantara

Sungailiat – Bupati Bangka Mulkan SH., MH di Anugerahi Gelar Kebangsawan Drajah Paduka Seri Mahkota Palembang Darussalam (DSMP) oleh Kerajaan Melayu Nusantara, Kesultanan Palembang Darussalam.

Penganugerahan Gelar dilakukan langsung oleh Sultan Mahmud Badaruddin IV Jayawikrama Fauwaz Diraja, atasnama Kesultanan Palembang Darussalam, bertempat rumah dinas Bupati Bangka, Senin (15/5/2023).

Selain pemberian gelar, Baharudin Bafa Dilantik menjadi Pengurus Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PD MAMBI) Kabupaten Bangka periode 2023-2027.

Dalam arahanya Bupati mengatakan, Dengan pemberian gelar kebangsawanan ini untuk  mengajak masyarakat, terutama para pengurus daerah MABMI Bangka untuk bersama-sama terus  mempertahankan dan melestarikan adat budaya Melayu yang dimiliki masyarakat.

“Inilah merupakan bentuk nyata kita saling kompak dan bersama-sama serta berkolaborasi karena tanpa kekompakan dan kebersamaan mungkin acara ini tidak sangatlah besar,”Ucap Mulkan.

Ia sangat mengapresiasi, atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, karena tidak menyangka bisa dianugerahi gelar kebangsawanan ini.

“Kalau mungkin ditunjuk secara langsung, kami agak berat untuk menyandang gelar Seri Mahkota ini, tetapi karena ini merupakan suatu kepercayaan yang harus kita jalani bersama, insa allah atas gelar ini say siap menjalankan sesuai dengan amanah yang diberikan,” sambungnya

Penganugerahan gelar kebangsawanan kepada Bupati Mulkan dengan panggilan gelar “Datuk Paduka” ini karena dianggap telah melestarikan budaya melayu di Kabupaten Bangka.

Sementara itu Ketua MABMI Bangka Belitung Datuk Paduka Marwan mengungkapkan alasan pemberian gelar kebangsawanan kepada Bupati Bangka. 

“Tentunya alasan-alasan ini telah kita pertimbangkan bersama kesultanan Palembang Darussalam. Selain itu didapatkannya gelar kebangsawanan ini karena bupati bangka telah melestarikan adat dan kebudayaan melayu yang ada di Kabupaten Bangka,”ucapnya.

Dengan diberikannya gelar budaya tersebut, Marwan berharap adat dan kebudayaan di Kabupaten Bangka tetap eksis dan dapat menjadi warisan generasi yang akan mendatang.

“Serta dukungan yang kuat dari Bupati Bangka untuk mengembangkan adat istiadat dan seni budaya,”Pungkasnya. (Najib)

Leave A Reply

Your email address will not be published.